Etika Menulis Email
Netiket
atau Nettiquette adalah etika dalam berkomunikasi melalui email. Seperti halnya
berkomunikasi melalui surat atau bertatap muka, berkomunikasi dengan email juga
memiliki tata cara. Tata cara ini memberikan petunjuk mengenal etika dalam
mengirimkan email. Berikut beberapa etika dalam mengirim email :
a.
Tidak sembarang
mengutip
Fasilitas ‘reply’ pada sebagian besar program
milier biasanya akan mengutip pesan asli yang anda terima secara otomatis ke
dalam isi surat anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban email,
usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan hanya menggunakan
bagian-bagian yang relevan saja.
b.
Perlukan email
secara pribadi
Jika
seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi, anda
tidak sepatutnya mengirimnya ke forum umum, seperti kelompok grup, atau
mailinglist. Email pada dasarnya adalah alat komunikasi personal.
c.
Jangan gunakan
huruf kapital
Dalam
tata krama berkomunikasi secara tertulis seperti dengan email chat, penggunaan
huruf besar biasanya dianggap berteriak. Sehingga akan mengakibatkan kesan yang
kurang baik bagi penerima pesan.
d.
Jangan
membicarakan orang lain
Jangan
membicarakan kondisi orang lain atau pihak lain, apalagi
kejelekan-kejelekannya. Berhati-hatilah terhadap apa yang anda tulis. Email
memiliki fasilitas bernama “forward”, yang mengizinkan si penerima akan
meneruskannya (forward) ke orang lain.
e.
Jangan gunakan CC
Jika
anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang (misalnya di mailinglist), jangan
cantumkan nama-nama pada kolom CC. Jika anda melakukan hal itu, semua orang
yang menerima email anda, akan bisa melihat alamat dari nama yang anda
cantumkan di CC. Umumnya orang tidak suka bila alamat emailnya dibeberkan di
depan umum. Selalu gunakan BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap
orang hanya bisa melihat alamat emailnya sendiri.
f.
Jangan gunakan
format HTML
Jika
anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan anda, jangan gunakan format HTML
tanpa anda yakin bahwa program email rekan anda memahami kode HTML. Jika tidak,
pesan anda sama sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaliknya, gunakan plain
text.
g.
Jawaban secara
masuk akal
Jangan
menjawab dua tiga pertanyaan dalam satu jawaban, seperti menjawab pesan email
yang panjang lebar dengan satu kata ”ok”. Jawablah setiap pesan email yang anda
terima secara masuk akal. Tulis kata yang menunjukkan bahwa anda menghormati
orang yang mengirim email kepada anda.
post by : Elisa Kusuma (11)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar